Login Member
Username:
Password :
Banner
Agenda
24 April 2014
M
S
S
R
K
J
S
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10

Yayasan Pendidikan dan Sosial Ma'arif Taman Sepanjang (disingkat YPM) adalah Yayasan lokal (YPM mempunyai akte sendiri), bernaung dibawah LP Ma'arif, kemudian Madrasah Menengah Pertama (MMP) setingkat MTs (Madrasah Tsanawiyah) yang berdiri pada tanggal 15 Maret 1964

Dengan adanya 2 sekolah tersebut, maka oleh pengurus dirasakan perlunya mendirikan sebuah Yayasan dengan nama "Yayasan Kesejahteraan Madrasah" yakni pada tanggal 17 September 1964. Nama yayasan berikut bunyi pas al mengenai tujuan diubah menjadi "Yayasan Pendidikan Ma'arif" yakni pada tanggal 1 Agustus 1979.

Sekolah-sekolah YPM Sepanjang berkembang terus dan yayasan mampu menyediakan tanah sebagai Sarana Gedung Sekolah.
Di Tahun Ajaran 2007/2008 ada 33 (tiga puluh tiga) unit sekolah dan sebuah panti Asuhan yang dikelola oleh YPM yakni :

1. Play Group di Wonocolo
2. TK. Muslimat I Wonocolo
3. SD. Ma'arif YPM Wonocolo Status Disamakan
4. SLTP YPM-1 Sepanjang Status Terakreditasi A
5. SMP YPM-2 Panjunan Status Terakreditasi B
6. SMP YPM-3 Bringinbendo Status Terakreditasi A
7. SMP YPM-4 Bohar Status Terakreditas B
8. SMP YPM-5 Driyorejo Status Terakreditasi A
9. SMP YPM-6 Tarik Status Diakui
10. SMP YPM-7 Sarirogo Status Terakreditasi A
11. SMP YPM-8 Curahmalang Status Diakui
12. MTs. YPM-1 Wonoayu Staus Terakreditasi B
13. MTs. YPM-2 Sarirogo Status Diakui
14. MTs. YPM-5 Gedangan Status Diakui
15. MTs. YPM-6 Kedung Sekar
16. SMA Wachid Hasyim 2 Sepanjang Status Terakreditasi A
17. SMA YPM-2 Panjunan Status Terakreditasi B
18. SMA YPM-3 Sumobito Jombang Status Diakui
19. SMA YPM-4 Driyorejo Status Terakreditasi B
20. SMK YPM-1 Sepanjang Status Disamakan
21. SMK YPM-2 Sepanjang Status Terakreditasi A
22. SMK YPM-3 Sepanjang Status Terakreditasi A
23. SMK YPM-4 Bringinbendo Status Terakreditasi A
24. SMK YPM-5 Panjunan Status Terakreditasi A
25. SMK YPM-7 Tarik Status Terakreditasi A
26. SMK YPM-8 Sarirogo Status Terakreditasi A
27. SMK YPM-11 Wonoayu Status Diakui
28. SMK YPM 14 Sumobito Status Terakreditasi B
29. Sekolah Tinggi Teknik (STT YPM)
30. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE YPM)
32. Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH YPM)
33. Akademi Analis Kesehatan (AAK YPM)
34. Pondok Pesantren Nurul Islam
35. Panti Asuhan

 

Pada dasarnya pengelolaan sekolah-sekolah YPM oleh Yayasan adalah sistem desentralisasi dengan :

1. Pengendaliaan oleh Yayasan (dengan wewenang dan tanggung jawab Yayasan) dalam hal :
 
  • Struktur Program Pendidikan
  • Pengangkatan/Pemantauan / Pemberhentian Pimpinan
  • Penentuan besarnya gaji dan honorarium
  • Penentuan besarnya SPP dan pungutan lainya
  • Penentuan penggunaan gedung
  • Penggunaan ( penyetoran ) uang Pendaftaran dan Sumbangan Gedung
  • Penyediaan Semua Sarana
  • Penentuan Hari Libur
  • Pemantauan sekolah-sekolah oleh Yayasan, dilakukan dengan menciptakan mekanisme kerja dan pembuatan beberapa instrumen.
2. Otonomi dan Tanggung Jawab Pimpinan Sekolah :
 
  • Teknik dan Administrasi Pendidikan
  • Pengelolaan Uang SPP, dengan batasan RAB bulanan yang telah disetujui Yayasan
  • Kebersihan dan ketertiban Sekolah
  • Semua upaya dan kegiatan meningkatkan prestasi dan mutu pendidikan
PROGRAM KERJA YPM 2011/ 201
  1. 1.   Optimalisasi Pendataan Ketenagaan/ SDM.

     

    2.   Optimalisasi Pendataan Aset dan Inventaris.

     

    3    Optimalisasi Pendataan Siswa dan Alumni

     

    4.   Optimalisasi Pendataan Kemitraan Sekolah/Madrasah

     

    5.   Optimalisasi Pendataan Kompetitor/Pesaing Sekolah.

     

    6.   Optimalisasi Pemetaan Lingkungan Sekolah/Madrasah.

     

    7.   Sukses Akreditasi Program Pendidikan / Sekolah / Madrasah

     

    8.   Sukses Akreditasi Internasional Sekolah/Madrasah atau Program Pendidikan.

     

    9.   Sukses Sertifikasi Kompetensi Peserta Didik.

     

    10  Sukses Sertifikasi Kompetensi Pendidik.

     

    11.Sukses Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kependidikan.

     

    12.Suksesi Sertifikasi Al-qur'an Peserta Didik

     

    13.Sukses Pelaksanaan KPI ( Kompetensi Pengamalan Ibadah)

     

    14.Sukses Pembinaan ASWAJA dan Alqur'an bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan

     

    15.Sukses Sertifikasi Internasional pada Sekolah/Madrasah atau Program Pendidikan  berstandar ISO 9001

     

    16.Partisipasi Diklat Kepemimpinan  Sekolah

     

    17.Partisipasi Diklat Guru  Mata Pelajaran.

     

    18.Partisipasi Diklat Kecakapan Hidup.

     

    19.Partisipasi Diklat Kewirausahaan.

     

    20.Partisipasi Diklat Motivasi.

     

    21.Memimpin dan Mengkoordinasikan Pengembangan Perangkat Pembelajaran.

     

    22.Memimpin dan Mengkoordinasikan Penyusunan, Penerbitan LKS.

     

    23.Memimpin dan Mengkoordinasikan Penyusunan, Penertiban Buku Ajar/modul

     

    24.Melaksanakan Supervisi Administrasi.

     

    25.Melaksanakan Supervisi Sarana dan Prasarana

     

    26.Melaksanakan Supervisi KBM.

     

    27.Melaksanakan Supervisi Kesiswaan.

     

    28.Melaksanakan Supervisi Ketenagaan.

     

    29.Memimpin Sukses Penerimaan Siswa Baru.

     

    30.Mengkoordinasikan penyusunan  Evaluasi Diri.

     

    31.Membina Lingkungan Sekolah/Madrasah.

     

    32.Melaporkan dan merekomendasikan Hasil Supervisi sekolah

     

    33.Melaksanakan Pembibitan dan Pembinaan Olimpiade bidang Ilmu Pengetahuan, Tehnologi, Seni, dan Olah raga pada tingkat Sekolah/Madrasah, Kecamatan, Kabupaten, Propinsi, Nasional dan Internasional

     

    34.Mengelola Karya Ilmiah Remaja.

     

    35.Sukses Ektra Kurikuler Berprestasi.

     

    36.Melaksanakan Peningkatan Peran Alumni YPM.

     

    37.Melaksanakan Reuni Tahunan, Reuni Akbar.

     

    38.Mengelola Bursa Tenaga Kerja.dan Bursa kerja khusus

     

    39.Mengelola Web Blog Alumni YPM sesuai Sekolah masing-masing.

     

    40.Menyusun Peta Kompetensi, Bakat dan Minat, Leadership, Manajerial, dan loyalitas guru pada program YPM

     

    41.Melaksanakan Pengumpulan dan Penyaluran Santunan, / Partisipasi Kegiatan lingkungan

     

    42.Memimpin dan mengkoordinasikan Peningkatan Kinerja Guru

     

    43.Pembinaan Partisipasi Stake Holder Pendidikan dalam program dan kegiatan Sekolah.

     

    44.Mendorong Guru meningkatkan Kualifikasi pendidikan ke jenjang   S2/S3

     

    45.Partisipasi  Studi Banding ke Luar Negeri.

     

    46.Memimpin Program Sukses Ujian Nasional.

     

    47.Memimpin Program Sukses Ujian Berstandar Internasional

     

    48.Mendorong  Program Sukses Kepala Sekolah / Guru berprestasi.

     

    49.Mengelola Layanan Pusat Sumber Belajar.

     

    50.Mengelola Layanan Pratikum, Laboratorium / Bengkel praktek

     

    51.Mengelola Layanan Perpustakaan.

     

    52.Mengelola Layanan Kampus Maya.

     

    53.Mengelola Pemanfaatan Layanan Radio Pendidikan dan Televisi Pendidikan. Luar negeri

     

    54.Mengelola Layanan Penjaminan Mutu Pendidikan.

     

    55.Mengelola Layanan Evaluasi Pendidikan.

     

    56.Mengelola Layanan Konsultasi Pendidikan.

     

    57.Mengelola Layanan Magang Manajerial.

     

    58.Mengelola Layanan Kunjungan Kerja Sekolah Lain

     

    59.Mengelola Layanan PPL Mahasiswa.

     

    60.  Mengelola Layanan Program induksi.( pendidikan profesi  bagi sarjana yang baru lulus )

     

    61.  Mengelola Layanan Nara Sumber.

     

    62.  Mengelola Utilisasi (Pelayanan & Pemanfaatan) Ruang Layanan.

     

    63.  Mengelola Program Bimbingan Tes ke PTN./ Bimbingan test dunia kerja

     

    64.  Mengelola Publikasi Prestasi Akademik dan Non Akademik.

     

    65.  Mengelola Siaran Radio dan Televisi Internet dalam Siaran Pendidikan.

     

    66.  Mengelola Penerbitan Majalah Sekolah.

     

    67.  Mengelola Pengembangan Jaringan dengan Media Massa.

     

    68.  Partisipasi  Penyelenggaraan Olimpiade Ma’arif.

     

    69.  Partisipasi Kejuaraan Olahraga.

     

    70.  Mengelola dan berpartisipasi  Apresiasi Seni dan Sastra.

     

    71.  Mengelola dan berpartisipasi Pameran Produk Pendidikan.

     

    72.  Mengelola Rintisan Kelas Internasional.

     

    73.  Mengelola Pengembangan Homestay di Luar Negeri.

     

    74.  Mengelola MOU Class Sister di Luar Negeri.

     

    75.  Mengelola Peningkatan Layanan Kelas Bertaraf Internasional.

     

    76.  Mengelola Program Pembiasaan English Culture dan merintis pembelajaran bilingual

     

    77.  Mengelola  Program Pengembangan Unit Usaha atau Unit Produksi Karya Siswa.

     

    78.  Melaksanakan Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Internet.

     

    79.  Mengelola  Sistem Pengelolaan Terpadu Berbasis IT Seluruh Kampus.

     

80.  Meningkatkan Saldo Sekolah, minimal dua kali biaya operasional rutin dalam jangka waktu yang ditentukan
81.  Melaksanakan Akuntabilitas Keuangan Sekolah, Dana APBN/APBD, keuangan Yayasan
82. Melaksanakan Review dan Analisis Kebijakan Pendanaan dan Kesejahteraan sesuai ketentuan YPM
83. Mengembangkan Jaringan Sumber Dana yang berasal dari APBN, dan APBD Propinsi dan APBD Kabupaten
84. Melakukan Rintisan Sumber Dana dari CRS Dunia Usaha dan Dunia Industri.
85. Membuat Laporan Bulan ( Time Sheet/ jurnal) Individu.
86. Melaksanakan Istighotsah Rutin untuk Siswa, Untuk Guru, Wali Murid dan Masyarakat.
87. Melaksanakan Ziarah, Studi Tour untuk guru dan Tenaga Kependidikan.
 88. Menyelenggarakan Silaturrohim di masing-masing rumah Guru (Arisan, muhibah, ziarah)
89. Menyelenggarakan Pelatihan Kepribadian (Sekolah Kepribadian, Outbond) Guru.
90. Menjaga keharmonisan antar warga sekolah.
 91. Melaksanakan Perlindungan Profesi Guru dari Tuntutan perkara
 92. Menegakkan Kode Etik Guru Indonesia dalam Pelaksanaan Pendidikan.
 93. Mengelola Iklan, Mail Online untuk pengembangan usaha Guru. Peternakan, Pertanian, Perbankan, Wira usaha, Unit produksi, Asuransi, dengan sepengetahuan Yayasan
94. Mengelola Jaringan Kerjasama dengan Dunia Usaha dan Industri yang  bermanfaat untuk prakerin, pemasaran lulusan dan pengembangan kesejahteraan Guru
95. Mengusahakan Pemenuhan Kebutuhan Minimal Hidup Guru dari berbagai Kegiatan
96. Memberi santunan bagi guru yang meninggal, Musibah, Hajatan dan sakit
97. Mengusahakan Arisan korban, Umroh, dan Haji
98. Meningkatkan Sinergi antar sekolah dalam satu komplek, antar komplek, antar jenjang pendidikan, antara sesama jenjang pendidikan dalam rangka PMB, Layanan pembelajaran, Pencitraan dan Harmonisasi.
99. Melakukan self assessment Performance (Evaluasi kinerja mandiri) berdasarkan bukti fisik yang dibuat.